Skip to main content

Promes PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka 2025/2026, Edisi Revisi

Promes PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka 2025/2026, Edisi Revisi
Program Semester (Promes) PJOK Kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka Semester 1 dan Semester 2 edisi revisi merupakan penjabaran dari ATP yang berisikan Tujuan Pembelajaran, alokasi waktu yang hendak dicapai tiap semesternya. Bagi tenaga pendidik yang ingin mencari referensi seputar promes PJOK kelas 1 kurmer, dapat  mengunduhnya secara gratis di artikel ini.

Promes PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka adalah rancangan pembelajaran yang berisi daftar tujuan pembelajaran yang telah diimplementasikan dari CP satu semester, kemudian dijadikan acuan pada kegiatan belajar mengajar di kelas sesuai standar pembelajaran IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka).

Promes PJOK Kelas 1 ini berfungsi layaknya Promes pada kurikulum sebelumnya, akan tetapi istilah pada kompetensi berganti menjadi TP atau tujuan pembelajaran yang lingkup materinya disesuaikan dengan Capaian Pembelajaran.

Tenaga Pendidik dapat menggunakan Capaian Pembelajaran dan Tujuan Pembelajaran PJOK Kelas 1 yang telah disusun sebelumnya untuk memahami dasar penyusunan Promes dengan paradigma baru di IKM yang disesuaikan untuk sasaran profil Pelajar Pancasila dalam menciptakan pembelajaran dan asesmen yang berpusat pada siswa.

Promes PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka

Promes PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka

Dikarenakan masih minimnya Sebagai referensi penyusunan Program Tahunan (Promes) di mata pelajaran PJOK Kelas 1 SD/MI, berikut terlampir contoh format promes yang kami berikan dalam bentuk dokumen word yang bisa diunduh bapak/ibu guru secara gratis. Yang isinya kami sesuaikan dengan Tujuan Pembelajaran di postingan terkait, silahkan di cek dan dikembangkan berdasarkan kebutuhannya.

Profil Pelajar Pancasila

Mata pelajaran PJOK Kelas 1 dalam pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka menerapkan sistem pembelajaran dengan paradigma baru yang telah diorganisir berdasarkan kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum yang disesuaikan untuk mencapai profil Pelajar Pancasila.

Profil Pelajar Pancasila pada Promes PJOK Kelas 1 ini adalah Mandiri dan Gotong Royong.

Karakteristik Mata Pelajaran

PJOK dalam pembelajaran IKM Kelas 1 mencakup  elemen keilmuan yang meliputi Keterampilan Gerak, Pengetahuan Gerak, Pemanfaatan Gerak, Pengembangan Karakter dan Internalisasi Nilai- nilai Gerak.

Fase

Deskripsi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, serta kompetensi umum. Selanjutnya diturunkan menjadi capaian pembelajaran menurut elemen yang dipetakan menurut perkembangan siswa. 

Fase dalam Pembelajaran PJOK Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka adalah Fase A.

Download Promes PJOK Kelas 1

Untuk mendapatkan dokumen Program Tahunan (PJOK) Kelas 1 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan Semester 2, Bapak/ibu guru dapat mengaksesnya menggunakan tombol download dibawah ini sesuai dengan semester yang saat ini telah berjalan.
  • Promes PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka Semester 1, Download
  • Promes PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka Semester 2, Download
File Promes PJOK Kelas 1 IKM ini dibagikan dalam format yang bisa dikembangkan, yaitu microsoft word (docx). Bapak/ibu guru selaku pengunjung dapat mengedit dan mengembangkannya sesuai dengan lingkup materi dan kebutuhan kegiatan belajar mengajar di kelas.

Akhir Kata

Proses belajar mengajar pada satuan pendidikan harus didasari oleh kebutuhan siswa. Karena setiap siswa memiliki latar belakang dan cara belajar berbeda.

Dalam pelaksanaan IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka), satuan pendidikan melalui guru pengajar diberikan kebebasan untuk penyusunan Promes PJOK Kelas 1. Langkah ini penting dilakukan agar guru atau perancang kurikulum di sekolah mendalami tujuan belajar di mata pelajaran PJOK dan juga memilih jalur belajar yang paling sesuai bagi siswa di sekolahnya.
BimbinganGuru.com : “Tak ada gading yang tak retak”,- setiap hal atau sesuatu pasti memiliki kekurangan (kelemahan).