Skip to main content

Perangkat Ajar PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka 2025/2026, Edisi Revisi

Perangkat Ajar PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka 2025/2026, Edisi Revisi
Dalam rangka untuk menyambut tahun pelajaran baru, pada postingan ini Bimbinganguru.com akan membagikan Perangkat Ajar IKM di mata pelajaran PJOK (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan) Kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka Semester 1 dan Semester 2 Edisi Revisi. Bapak/ibu guru dapat mendownloadnya secara gratis.

Perangkat Ajar PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka semester 1 (ganjil) dan semester 2 (genap) adalah sekumpulan dokumen administrasi guru yang menjadi dasar kegiatan belajar mengajar di kelas dalam pelaksanaan IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka). Kompetensi dan lingkup materi disusun berdasarkan Capaian Pembelajaran yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Penyusunan Perangkat Ajar PJOK Kelas 1 dilakukan secara bertahap, dimulai dari pemahaman terhadap CP, selanjutnya guru harus mengembangkan dan menguatkan kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila, yang merupakan salah satu komponen penting pembelajaran IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) dengan paradigma baru.

Rincian perangkat ajar yang harus dimiliki tenaga pendidik untuk persiapan pembelajaran IKM diantaranya Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Modul Ajar, Prota, Promes, KKTP, Jurnal, dan lain-lainnya. 

Perangkat Ajar PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka

Perangkat Ajar PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka

Pembelajaran pendidikan jasmani dilaksanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan, model, strategi, metode, gaya, dan teknik sesuai dengan karakteristik tugas gerak, peserta didik, dan lingkungan belajar. Pembelajaran diarahkan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan seluruh ranah (psikomotor, kognitif, dan afektif) setiap peserta didik dengan menekankan pada kualitas kebugaran jasmani dan perbendaharaan gerak. 

Tenaga Pendidik dapat menggunakan materi PJOK Kelas 1 yang dipelajari untuk memahami dasar pembelajaran dengan paradigma baru di IKM yang disesuaikan untuk mencapai profil Pelajar Pancasila dalam menciptakan pembelajaran dan asesmen yang berpusat pada siswa.

Profil Pelajar Pancasila

Mata Pelajaran PJOK dalam pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka menerapkan sistem pembelajaran dengan paradigma baru yang telah diorganisir berdasarkan kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum yang disesuaikan untuk mencapai profil Pelajar Pancasila.

Profil Pelajar Pancasila pada Perangkat Ajar PJOK Kelas 1 ini adalah Mandiri dan Gotong Royong.

Karakteristik Mata Pelajaran

PJOK dalam pembelajaran IKM Kelas 1 mencakup  elemen keilmuan yang meliputi Keterampilan Gerak, Pengetahuan Gerak, Pemanfaatan Gerak, Pengembangan Karakter dan Internalisasi Nilai- nilai Gerak.

Fase Capaian Pembelajaran

Deskripsi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, serta kompetensi umum. Selanjutnya diturunkan menjadi capaian pembelajaran menurut elemen yang dipetakan menurut perkembangan siswa. 

Fase dalam Pembelajaran PJOK Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka adalah Fase A.

Download Perangkat Ajar

Untuk mendapatkan keseluruhan dokumen Perangkat Ajar PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan Semester 2, Bapak/ibu guru dapat mengaksesnya menggunakan tombol download dibawah ini sesuai dengan judul berkas administrasi IKM yang diinginkan.
File Perangkat Ajar PJOK Kelas 1 IKM ini dibagikan dalam format yang bisa dikembangkan, yaitu microsoft word (docx). Bapak/ibu guru selaku pengunjung dapat mengedit dan mengembangkannya sesuai dengan lingkup materi dan kebutuhan kegiatan belajar mengajar di kelas.

Akhir Kata

Proses belajar mengajar pada satuan pendidikan harus didasari oleh kebutuhan siswa. Karena setiap siswa memiliki latar belakang dan cara belajar berbeda.

Dalam pelaksanaan IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka), satuan pendidikan diberikan kebebasan untuk penyusunan Perangkat Ajar PJOK Kelas 1. Langkah ini penting dilakukan agar guru atau perancang kurikulum di sekolah mendalami tujuan belajar di mata pelajaran PJOK dan juga memilih jalur belajar yang paling sesuai bagi siswa di sekolahnya.
BimbinganGuru.com : “Tak ada gading yang tak retak”,- setiap hal atau sesuatu pasti memiliki kekurangan (kelemahan).