Skip to main content

CP Bahasa Inggris Kelas 1 Kurikulum Merdeka 2025/2026, Edisi Revisi

CP Bahasa Inggris Kelas 1 Kurikulum Merdeka 2025/2026, Edisi Revisi
Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 1 Kurikulum Merdeka adalah sekumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk paragraf yang akan dicapai peserta didik di akhir pembelajaran semester 1 dan semester 2. 

Penyusunan CP Bahasa Inggris Kelas 1 disesuaikan dengan tujuan untuk mengembangkan dan menguatkan kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila, yang merupakan salah satu komponen penting pembelajaran IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) dengan paradigma baru.

Sebagai referensi penyusunan Capaian Pembelajaran (CP) di mata pelajaran Bahasa Inggris Kelas 1 SD/MI, berikut terlampir rangkuman CP yang merupakan empat komponen yang terdapat dalam dokumen.

Rasional Mata Pelajaran
CP Bahasa Inggris Kelas 1 Kurikulum Merdeka

Pembelajaran bahasa Inggris difokuskan pada penguatan kemampuan menggunakan bahasa Inggris dalam enam keterampilan berbahasa, yakni menyimak, berbicara, membaca, memirsa, menulis, dan mempresentasikan secara terpadu, dalam berbagai jenis teks.

Tenaga Pendidik dapat menggunakan materi Bahasa Inggris Kelas 1 yang dipelajari untuk memahami dasar pembelajaran dengan paradigma baru di IKM yang disesuaikan untuk mencapai profil Pelajar Pancasila dalam menciptakan pembelajaran dan asesmen yang berpusat pada siswa.

Tujuan Mata Pelajaran

Mata pelajaran bahasa Inggris bertujuan untuk memastikan peserta didik mengembangkan kompetensi komunikatif dalam bahasa Inggris dengan berbagai teks multimodal (lisan, tulisan, visual, dan audiovisual), mengembangkan kompetensi interkultural untuk memahami dan menghargai perspektif, praktik, dan produk budaya Indonesia dan budaya asing, 

Peserta didik dapat mengembangkan kepercayaan diri untuk berekspresi sebagai individu yang mandiri dan bertanggung jawab, mengembangkan keterampilan bernalar kritis dan kreatif.

Selengkapnya masih banyak, dan bisa dicek langsung pada file CP Bahasa Inggris Kelas 1.

Karakteristik Mata Pelajaran

Bahasa Inggris dalam pembelajaran IKM Kelas 1 mencakup Elemen Menyimak – Berbicara, Membaca – Memirsa, dan Menulis – Mempresentasikan.

Fase Capaian Pembelajaran

Deskripsi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, serta kompetensi umum. Selanjutnya diturunkan menjadi capaian pembelajaran menurut elemen yang dipetakan menurut perkembangan siswa. 

Fase dalam Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 1 SD adalah Fase A.

Download Capaian Pembelajaran

Untuk mendapatkan file CP Bahasa Inggris Kelas 1, Bapak/ibu guru diberikan akses yang mudah melalui penyimpanan google drive. Silahkan gunakan tombol download dibawah ini untuk mendownloadnya.
  • CP Bahasa Inggris Kelas 1 Kurikulum Merdeka, DOWNLOAD
File Capaian Pembelajaran ini dibagikan dalam format yang bisa dikembangkan, yaitu microsoft word (docx). Bapak/ibu guru selaku pengunjung dapat mengedit dan menyesuaikannya dengan lingkup materi dan kebutuhan kegiatan belajar mengajar di kelas.

Akhir Kata

Proses belajar mengajar pada satuan pendidikan harus didasari oleh kebutuhan siswa. Karena setiap siswa memiliki latar belakang dan cara belajar berbeda.

Dalam pelaksanaan IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka), satuan pendidikan diberikan kebebasan untuk menyesuaikan Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 1. Capaian Pembelajaran dikupas dan dituangkan dalam alur dan tujuan pembelajaran. Langkah ini penting dilakukan agar guru atau perancang kurikulum di sekolah mendalami tujuan belajar di mata pelajaran Bahasa Inggris dan juga memilih jalur belajar yang paling sesuai bagi siswa di sekolahnya.
BimbinganGuru.com : “Tak ada gading yang tak retak”,- setiap hal atau sesuatu pasti memiliki kekurangan (kelemahan).