Skip to main content

ATP PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka 2025/2026, Edisi Revisi

ATP PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka 2025/2026, Edisi Revisi
Berikut ini adalah Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) di mata pelajaran PJOK Kelas 1 SD/MI Kurikulum Merdeka Semester 1 dan Semester 2 Edisi Revisi. Tenaga pendidik dapat mendownloadnya secara gratis dan mengembangkannya lagi sesuai dengan kebutuhan kegiatan belajar mengajar di kelas.

ATP PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka semester 1 (ganjil) dan semester 2 (genap) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang disusun secara logis menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase di mata pelajaran PJOK. 

Alur ini disusun secara linear berdasarkan kompetensi dan lingkup materi dari pengembangan Capaian Pembelajaran yang yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran PJOK atau Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas 1 dilakukan berdasarkan 7 prinsip penyusunan yaitu Sederhana dan informatif, Esensial dan kontekstual, Berkesinambungan, Pengoptimalan tiga aspek kompetensi, Merdeka belajar, Operasional dan aplikatif, Adaptif dan fleksibel

ATP PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka

ATP PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka

Selain ke-7 prinsip tersebut, ada juga 7 prosedur atau langkah dalam menyusun Alur Tujuan Pembelajaran di mata pelajaran PJOK Kelas 1. Berikut ini rincian lengkapnya :
  1. Melakukan analisis setiap elemen dan atau sub-elemen Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan mata pelajaran PJOK dan Capaian Pembelajaran pada Fase tersebut.
  2. Identifikasi kompetensi-kompetensi di akhir fase dan kompetensi-kompetensi sebelumnya yang perlu dikuasai peserta didik kelas 1 sebelum mencapai kompetensi di akhir fase
  3. Melakukan analisis setiap elemen dan atau sub-elemen Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan mata pelajaran PJOK dan CP pada fase yang akan dipetakan
  4. Berdasarkan identifikasi kompetensi inti di akhir fase, rumuskan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan kompetensi yang akan dicapai, pemahaman bermakna yang akan dipahami dan variasi keterampilan berpikir apa saja yang perlu dikuasai siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.
  5. Setelah Tujuan Pembelajaran dirumuskan, susun Tujuan Pembelajaran secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari.
  6. Tentukan lingkup materi dan materi utama setiap Tujuan Pembelajaran (setiap Tujuan Pembelajaran dapat memiliki lebih dari satu lingkup materi dan materi utama).
  7. Tentukan jumlah jam pelajaran yang diperlukan
Tenaga Pendidik dapat menggunakan materi PJOK Kelas 1 yang dipelajari untuk memahami dasar pembelajaran dengan paradigma baru di IKM yang disesuaikan untuk mencapai profil Pelajar Pancasila dalam menciptakan pembelajaran dan asesmen yang berpusat pada siswa.

Profil Pelajar Pancasila

Pembelajaran PJOK dalam pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka menerapkan sistem pembelajaran dengan paradigma baru yang telah diorganisir berdasarkan kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum yang disesuaikan untuk mencapai profil Pelajar Pancasila.

Profil Pelajar Pancasila pada ATP PJOK Kelas 1 ini adalah Mandiri dan Gotong Royong.

Karakteristik Mata Pelajaran

PJOK dalam pembelajaran IKM Kelas 1 mencakup  elemen keilmuan yang meliputi Keterampilan Gerak, Pengetahuan Gerak, Pemanfaatan Gerak, Pengembangan Karakter dan Internalisasi Nilai- nilai Gerak.

Fase Capaian Pembelajaran

Deskripsi yang mencakup pengetahuan, keterampilan, serta kompetensi umum. Selanjutnya diturunkan menjadi capaian pembelajaran menurut elemen yang dipetakan menurut perkembangan siswa. 

Fase dalam Pembelajaran PJOK Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka adalah Fase A.

Download ATP PJOK Kelas 1

Untuk mendapatkan dokumen Alur Tujuan Pembelajaran PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan Semester 2, Bapak/ibu guru dapat mengaksesnya menggunakan tombol download dibawah ini sesuai dengan semester yang saat ini telah berjalan.
  • ATP PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka Semester 1, Download
  • ATP PJOK Kelas 1 Kurikulum Merdeka Semester 2, Download
File ATP PJOK Kelas 1 IKM ini dibagikan dalam format yang bisa dikembangkan, yaitu microsoft word (docx). Bapak/ibu guru selaku pengunjung dapat mengedit dan mengembangkannya sesuai dengan lingkup materi dan kebutuhan kegiatan belajar mengajar di kelas.

Akhir Kata

Proses belajar mengajar pada satuan pendidikan harus didasari oleh kebutuhan siswa. Karena setiap siswa memiliki latar belakang dan cara belajar berbeda.

Dalam pelaksanaan IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka), satuan pendidikan melalui guru pengajar diberikan kebebasan untuk penyusunan ATP PJOK Kelas 1. Langkah ini penting dilakukan agar guru atau perancang kurikulum di sekolah mendalami tujuan belajar di mata pelajaran PJOK dan juga memilih jalur belajar yang paling sesuai bagi siswa di sekolahnya.
BimbinganGuru.com : “Tak ada gading yang tak retak”,- setiap hal atau sesuatu pasti memiliki kekurangan (kelemahan).