Soal PAS Ilmu Tafsir SMA Kelas 10 K13 Tahun 2022/2023 Lengkap
Contoh Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Ilmu Tafsir Kelas 10 Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. Dapat digunakan tenaga kependidikan untuk menyusun lembar ujian atau melakukan pengembangan terhadap dokumen yang kami bagikan di bawah ini sesuai ketetapan satuan pendidikan masing-masing.
Penilaian Akhir Semester Ganjil (PAS) adalah kegiatan pengukuran dan penilaian kompetensi peserta didik dengan tujuan menilai pencapaian kompetensi lulusan siswa di mata pelajaran tertentu (Ilmu Tafsir) berdasarkan jurusan (Semua Jurusan) dan kelas.
Hasil PAS Ilmu Tafsir SMA Kelas 10 Semester 1 selanjutnya akan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa. Apabila dinilai kurang dari ambang batas penilaian, maka guru diwajibkan memberikan tambahan ujian berupa remidi sampai dirasa sudah mencapai hasil sesuai KKM tersebut.
Sebagaimana yang diketahui bahwa, dari hasil analisis PAS Ganjil Ilmu Tafsir Kelas 10 tersebut guru dapat melakukan evaluasi terhadap siswa untuk mengetahui sejauh mana penguasaan materi yang dimilikinya dan merupakan keterpaduan dari seluruh materi yang diterima selama siswa tersebut belajar.
Yang selanjutnya guru akan merangkap hasil nilai kedalam nilai rapor semester 1 sesuai mata pelajaran yang telah diujikan.
Oleh karena itu, dibutuhkan pemahaman terhadap Soal PAS Ilmu Tafsir SMA Kelas 10 Semester 1 agar dapat digunakan peserta sebagai acuan pembelajaran dan mendapatkan nilai tertinggi dalam pelaksanaan ujian.
Selamat mengerjakan.
Dokumen PDF & Jawaban di akhir artikel.
I. Pilihlah jawaban yang benar dengan menyilang A, B, C, D, atau E.
1. Dimana dan kapan kitab Al-Qur’an pertama kali diturunkan…..
a. Di gua hira pada tanggal 17 Ramadhan
b. Di gua tsur pada tanggal17 Dzulhijjah
c. Di Makkah pada tanggal 17 Dzul Qo’dah
d. Di Madinah pada tanggal 11 Ramadhan
e. Di gua hira pada tanggal 27 Ramadhan
2. Al-Qur’an diturunkan secara…..
a. Keseluruhan Al-Qur’an
b. Per Surat
c. Berangsur-angsur
d. Sebagian Al-Qur’an
e. Sekaligus
3. Jumlah juz, surat dan ayat yang terdapat dalam Al-Qur’an berjumlah…..
a. 20 juz 114 surat 6.666 ayat
b. 30 juz 100 surat 6.666 ayat
c. 30 juz 114 surat 5.555 ayat
d. 20 juz 100 surat 5.555 ayat
e. 30 juz 114 surat 6.666 ayat
4. Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui perantara malaikat…..
a. Jibril
b. Ridwan
c. Israfil
d. Izail
e. Raqib
5. Surat yang pertama kali turun kepada Nabi Muhammad SAW adalah…
a. An-Nas : 1-6
b. Al-Ikhlas : 1-4
c. Al-Falaq : 1-5
d. Al-‘Alaq : 1-5
e. Al-Kautsar : 1-3
6. Kata إقرأdalam surat Al-‘Alaq ayat 1 memiliki arti…..
a. Bacalah
b. Katakanlah
c. Cermatilah
d. Ejalah
e. Telaahlah
7. Al-Qur’an adalah kitab suci yang merupakan sumber hukum yang…..
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat
e. Kelima
8. Al-Qur’an merupakan mukjizat terbesar yang diberikan oleh Allah SWT kepada…..
a. Nabi Musa AS
b. Nabi Ibrahim AS
c. Nabi Isa AS
d. Nabi Muhammad SAW
e. Nabi Daud AS
9. Berikut adalah nama-nama kitab beserta Nabi-Nabi yang menerimanya, kecuali…..
a. Kitab Taurat kepada Nabi Musa AS
b. Kitab Zabur kepada Nabi Daud AS
c. Kitab Injil kepada Nabi Isa AS
d. Kitab Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW
e. Kitab Al-Qur’an kepada Nabi Ibrahim AS
10. Menurut pendapat Al-Lihyani, Al-Qur’an secara etimologi artinya…..
a. Bacaan
b. Pedoman
c. Kumpulan
d. Petunjuk
e. Menghimpun
11. Kata dasar yang menjadi dasar perbedaan bagi ulama yang membaca al-Qur`an tanpa hamzah adalah…..
a. قَرَنَ dan قَرْائِنُ
b. قَرْنَ dan قَرَائِنُ
c. قَرَنَ dan قَرَائِنُ
d. قَرَنَ dan قَرَائَنُ
e. قَرَنْ dan قَرَائِنُ
12. Al-Qur’an secara etimologi menurut Al-Asy’ari adalah…..
a. Menggabungkan
b. Isim ‘Alam
c. Petunjuk
d. Kumpulan
e. Bacaan
13. Al-Qur’an berasal dari lafal قَرَائِنُ yang merupakan bentuk jamak dari kata قرينة yang berarti petunjuk atau indikator. Pengertian tersebut adalah pendapat dari…..
a. Al-Lihyani
b. Al-Farra’
c. Al-Asy’ari
d. Asy-Syafi’i
e. Az-Zujaj
14. اَلْقُرْآنُ هُوَ الْكِتَابُ الْمُعْجِزُ الْمُنَزَّلُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَكْتُوْبُ فِي الْمَصَاحِفِ الْمَنْقُوْلُ عَلَيْهِ بِالتَّوَاتُرِ الْمُتَعَبَّدُ بِتِلَاوَتِهِ Definisi Al-Qur’an tersebut adalah menurut…..
a. Syekh Muhammad Khudari Beik
b. Syekh Muhammad Abduh
c. DR. Subkhi Shalih
d. Manna’ Al-Qattan
e. Imam Asy-Syafi’i
15. Al-Qur’an adalah bacaan yang tertulis dalam mushaf-mushaf yang terjaga dalam hati orang yang menghafalnya diantara orang-orang Islam. Pendapat ini dikemukakan oleh…..
a. Syekh Muhammad Khudari Beik
b. Syekh Muhammad Abduh
c. DR. Subkhi Shalih
d. Manna’ Al-Qattan
e. Imam Asy-Syafi’i
16. Berikut ini adalah unsur-unsur Al-Qur’an, kecuali…..
a. Al-Qur’an adalah firman Allah
b. Al-Qur’an terdiri dari lafadz bahasa Arab
c. Al-Qur’an disampaikan secara mutawatir
d. Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Musa AS
e. Ditulis dalam mushaf-mushaf yang diawali surat Al-Fatihah dan diakhiri surat An-Nas
17. Al-Qur’an memiliki beberapa nama lain. Dibawah ini yang tidak termasuk nama lain dari Al-Qur’an adalah…..
a. Al-Qiyamah (القيامة)
b. Al-Kitab (الكتاب)
c. At-Tanzil (التنزيل)
d. Al-Furqan (الفرقان)
e. Az-Zikr (الذكر)
18. الفرقان adalah salah satu nama lain dari Al-Qur’an, yang memiliki arti…..
a. Petunjuk
b. Pembeda
c. Cahaya
d. Obat / penyembuh
e. Pengingat
19. Dalam al-Qur`an kata tafsir terulang sebanyak satu kali, yaitu pada…..
a. QS. Al-Furqān [25]: 33
b. QS. Al-Furqān [25]: 31
c. QS. Al-Furqān [25]: 34
d. QS. Al-Furqān [25]: 35
e. QS. Al-Furqān [25]: 37
20. إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحفِظُوْنَ (الحجر : 9)Ayat diatas menjadi dalil bahwa Al-Qur’an memiliki nama lain yaitu…..
a. Al-Huda
b. Al-Kitab
c. At-Tanzil
d. Al-Furqan
e. Az-Zikr
21. Nama lain Al-Qur’an yang memiliki arti obat, yaitu…..
a. الهدى
b. الشفاء
c. الفرقان
d. الكتاب
e. التنزيل
22. Ayat Al-Qur’an yang menunjukkan dalil bahwa Al-Qur’an memiliki nama lain الكتاب adalah…..
a. وَإِنَّهُ لَتَنْزِيْلُ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ
b. ذَالِكَ الْكِتَابُ لاَ رَيْبَ فِيْهِ هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَ
c. إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحفِظُوْنَ
d. تَبَارَكَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَى عَبْدِهِ لِيَكُوْنَ لِلعَالَمِيْنَ نَذِيْرًا
e. مَآ أَنْزَلْنَا عَلَيْكَ الْقُرْآنَ لِتَشْقَى
23. Secara bahasa mukjizat artinya…..
a. Menakjubkan
b. Menandingi
c. Melawan
d. Memusuhi
e. Melemahkan
24. Fungsi utama mukjizat bagi para Nabi dan Rasul adalah…..
a. Sebagai alat untuk menyombongkan diri
b. Sebagai buti kenabian / kerasulan
c. Sebagai bukti kekuatan fisiknya
d. Sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit
e. Sebagai alat untuk menakuti musuhnya
25. Berikut ini adalah syarat-syarat mukjizat, kecuali…..
a. Mukjizat harus berupa sesuatu yang tidak bisa disanggupi oleh makhluk apapun kecuali Allah
b. Tidak sesuai dengan kebiasaan dan berlawanan dengan hukum alam
c. Mukjizat harus berupa hal yang dijadikan saksi oleh seseorang yang mengaku membawa risalah ilahi sebagai bukti atas kebenaran dari pengakuannya
d. Terjadi bertepatan dengan pengakuan Nabi yang mengajak bertanding menggunakan mukjizat tersebut
e. Sesuai dengan kebiasaan
26. Berikut ini yang bukan termasuk aspek kemukjizatan Al-Qur’an dilihat dari aspek bahasa yang digunakannya adalah…..
a. Berisi berita tentang hal-hal yang bersifat ghaib
b. Mengandung isyarat-isyarat ilmiah
c. Bahasa dan susunan kalimatnya sangat indah
d. Bahasanya sulit dimengerti oleh orang awam
e. Berisi hukum-hukum yang berlaku universal
27. Salah satu contoh mukjizat Nabi Isa AS adalah…..
a. Dapat membelah bulan dengan menunjukkan jari telunjuk kepadanya
b. Dari jari-jari keluar air sehingga dapat diminum kaumnya yang kehausan
c. Dapat menyembuhkan orang buta sejak lahir sehingg dapat melihat
d. Tongkat yang bisa berubah menjadi ular besar untuk mengalahkan sihir
e. Tidak hangus terbakar dalam kobaran api
28. Mukjizat berupa kemampuan merubah tongkat menjadi ular besar adalah merupakan mukjizatnya…..
a. Nabi Isa AS
b. Nabi Muhammad SAW
c. Nabi Ibrahim AS
d. Nabi Nuh AS
e. Nabi Musa AS
29. Secara bahasa kata tafsir mengandung arti....
a. الكشف
b. العلم
c. الكسب
d. الصرف
e. التأويل
30. Secara bahasa makna tafsir juga كَشْفُ الْمُرَادِ عَنِ اللَّفْظِ الْمُشْكِلِ, yang artinya…..
a. Mencari pemahaman yang benar
b. Menerangkan kata yang paling benar
c. Mencari kata samar agar menjadi jelas
d. Menerangkan dan menyatakan
e. Menyingkapkan maksud sesuatu lafal yang samar
31. Al-Jurjani dalam kitab At-Ta’rifat mendefinisikan tafsir adalah…..
a. Ilmu yang membahas tentang makna ayat
b. Ilmu yang membahas tentang makna surat
c. Menjelaskan ilmu-ilmu Al-Qur’an
d. Ilmu yang membahas sebab-sebab turunnya Al-Qur’an
e. Menjelaskan makna Al-Qur`an, baik segi urutannya, kisahnya, sebab turunnya, dengan mengemukakan kalimat yang menunjukkan pada makna secara terang
32. Menurut az-Zarkasyi, pengertian Tafsir secara istilah adalahعِلْمٌ يُفْهَمُ بِهِ كَلَامُ اللهِ تَعَالَى اَلْمُنَزَّلُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَبَيَانُ مُرَادِهِ وَاسْتِخْرَاجُ أَحْكَامِهِ وَحِكَمِهِyang artinya…..
a. Pengetahuan untuk memahami kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan menjelaskan makna-maknanya, mengeluarkan atau menggali hukum-hukum dan hikmah-hikmahnya
b. Pengetahuan yang membahas maksud-maksud Allah yang terkandung dalam al-Qur`an sesuai dengan kemampuan manusia, maka dia mencukupkan pengetahuan
c. Menjelaskan ayat-ayat Al-Qur`an sesuai dengan yang dikehendaki oleh Allah SWT sehingga yang kurang jelas menjadi jelas, yang samar menjadi tidak samar, yang sulit dipahami menjadi mudah dipahami dan yang merupakan rahasia menjadi tidak rahasia lagi, sesuai ukuran kemampuan manusia
d. Mensyaraḥkan lafal yang sukar dipahami pendengar dengan uraian yang menjelaskan maksudnya
e. Ilmu yang membahas Al-Qur`an Al-Karim dari segi pemahaman maknanya sesuai yang dikehendaki Allah SWT menurut kadar kemampuan manusia untuk memahami makna dan penjelasan dari maksud Allah itu
33. Takwil secara etimologi adalah ....
a. فسّر – يفسّر
b. الرّجع
c. الإيضاح
d. البيان
e. الكشف
34. Pengertian ta’wil secara etimoloi bisa juga dimaknai dengan (الميل) yang artinya adalah…..
a. Memalingkan
b. Penjelasan
c. Pengungkapan
d. Menjabarkan
e. Menyingkap
35. Takwil secara bahasa juga memiliki arti السياسة, yang artinya…..
a. Jelas
b. Menyiasati
c. Terang
d. Mengungkap
e. Menyingkap
36. Berikut bukanlah manfaat mempelajari Ilmu tafsir ....
a. Mengetahui makna kata-kata dalam al-Qur`an
b. Menjelaskan maksud setiap ayat
c. Mengetahui berbagai kitab-kitab tafsir yang beredar di masyarakat
d. Menyingkap hukum dan hikmah yang dikandung al-Qur`an
e. Menyampaikan pembaca kepada maksud yang diinginkan oleh Allah SWT agar memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat
37. Terjemah Al-Qur’an terdiri dari 2 macam, yaitu…..
a. Terjemah lafdziyah dan harfiyah
b. Terjemah harfiyah dan tafsiriyah
c. Terjemah ma’nawiyah dan harfiyah
d. Terjemah lafdziyah dan ma’nawiyah
e. Terjemah ma’nawiyah dan tafsiriyah
38. Terjemah Tafsiriyah dari kata yang bergaris bawah berikut adalah…..وَلَا تَجْعَلْ يَدَكَ مَغْلُوْلَةً إِلَى عُنُقِكَ وَلَا تَبْسُطْهَا كُلَّ الْبَسْطِ فَتَقْعُدَ مَلُوْمًا مَّحْسُوْرًا
a. Jangan mencuri
b. Jangan pelit
c. Jangan lempar batu sembunyi tangan
d. Jangan boros
e. Berhematlah
39. Persamaan tafsir, ta’wil dan terjemah adalah…..
a. Ketiganya menerangkan makna ayat-ayat Al-Qur’an
b. Ketiganya menjelaskan makna hadits
c. Ketiganya meyakini isi Al-Qur’an
d. Ketiganya membenarkan isi Al-Qur’an
e. Ketiganya membenarkan isi Hadits
40. Berikut adalah karakteristik penafsiran pada masa Nabi Muhammad SAW…..
a. Menafsirkan al-Qur`an dengan al-Qur`an
b. Menafsirkan al-Qur`an dengan ra`yu
c. Menafsirkan al-Qur`an dengan isrā`īliyyāt
d. Menafsirkan al-Qur`an dengan ijmā’
e. Menafsirkan al-Qur`an dengan meminta pendapat dari Sahabat
41. Diantara para Sahabat yang banyak menafsirkan Al-Qur’an adalah…..
a. Ibnu Mas’ud
b. Ibnu ‘Abbas
c. Ubay bin Ka’ab
d. Zaid bin Tsabit
e. Semuanya benar
42. Penafsiran al-Qur`an pada masa Sahabat mempunyai ciri-ciri sebagai berikut, kecuali…..
a. Tafsir al-Qur`an sama sekali belum dibukukan
b. Mereka tidak menafsirkan al-Qur`an secara keseluruhan
c. Penafsiran lebih menekankan pada al-Ma’na al-Ijmali
d. Penafsiran secara menyeluruh
e. Membatasi diri pada penjelasan makna-makna lughah (bahasa)
43. Berikut bukanlah termasuk sumber penafsiran pada masa Tabi’in, yaitu....
a. Al-Qur`an Al-Karim
b. Hadits Nabi Muhammad SAW
c. Pendapat Sahabat
d. Isra’iliyat
e. Qiyas
44. Penafsiran pada masa tadwin di mulai sejak.....
a. Awal kekhalifahan bani Umayah
b. Akhir kekhalifahan bani ‘Abbasiyah
c. Akhir masa Umayah dan awal masa ‘Abbasiyah
d. Masa Tabi’in
e. Pada masa mutaqaddimin
45. Berikut adalah madrasah tafsir yang muncul pada masa tabi’in…..
a. Madrasah Kufah
b. Madrasah Syams
c. Madrasah Furs
d. Madrasah Yaman
e. Madrasah Isbania
46. Di kalangan Sahabat terdapat perbedaan pendapat dalam memahami kandungan Al-Qur`an, penyebabnya adalah hal-hal berikut, kecuali…..
a. Perbedaan tingkat kemampuanan dan pengalaman
b. Perbedaan pengetahuan tentang bahasa Arab
c. Sering tidaknya bersama Rasulullah SAW
d. Sering tidaknya berperang bersama Rasulullah SAW
e. Perbedaan pengetahuan dan pengalaman tentang adat istiadat pada masa Jahiliyah
47. Berikut adalah Sahabat mendapatkan doa dari Nabi Muhammad SAW dalam menafsirkan Al-Qur`an adalah….
a. Ibn ‘Abbas
b. Ibn Mas’ud
c. Abdullah bin ‘Amr bin ‘As
d. Abdullah bin Jabir
e. Abdullah bin Zubair
48. Yang bukan merupakan ciri-ciri penafsiran pada masa Sahabat adalah…..
a. Tidak semua ditafsirkan karena mereka paham bahasa Arab
b. Jarangnya perselisihan dalam memahami makna
c. Sering merasa cukup dengan makna umum, tidak diperinci lagi
d. Menerangkan dengan bahasa yang sepadan
e. Semua ditafsirkan karena mereka tidak paham bahasa Arab
49. Pelopor madrasah tafsir di Iraq adalah ....
a. Ibn ‘Abbās
b. Ubai bin Ka’ab
c. Abdullah bin Mas’ūd
d. Abu Musa al-Asy’ari
e. Amr bin al-‘Ash ̣
50. Pelopor madrasah tafsir di Madinah adalah ....
a. Ibn ‘Abbās
b. Ubai bin Ka’ab
c. Abdullah bin Mas’ūd
d. Abu Musa al-Asy’ari
e. Amr bin al-‘Ash ̣
- Soal PAS Ilmu Tafsir SMA Kelas 10 Semester 1 Versi-1, Unduh
Soal PAS Ilmu Tafsir SMA Kelas 10 Semester 1 Versi-2, Unduh
Demikianlah Soal PAS Ilmu Tafsir SMA Kelas 10 K13 Tahun 2022/2023 Lengkap yang kami bagikan, semoga bermanfaat bagi pengunjung Bimbinganguru.com. Terima kasih atas kunjungannya.