Latihan Soal PAS Ilmu Kalam Kelas 12 Tahun 2022 disertai Jawaban
Soal PAS Ilmu Kalam Kelas 12 Semester 1 - Akhirnya kegiatan evaluasi untuk mengukur capaian belajar siswa akan diselenggarakan, tepatnya di bulan november-desember 2022 berdasarkan jadwal di kalender pendidikan sesuai ketetapan dari Mendikbud.
Meskipun sebelumnya pelaksanaan Penilaian Akhir Semester ganjil sempat dibatasi dikarenakan pandemi selama 2-3 tahun terakhir. Di tahun pelajaran saat ini kebijakan pembatasan sudah dihilangkan berangsur dan mulai terlaksananya pembelajaran normal sebagaimana mestinya.
Oleh karena itu, dalam rangka menyambut dan mempermudah bapak/ibu guru dan peserta didik dalam melakukan penyusunan terhadap lembar ujian serta pembelajaran dalam menghadapi ujian PAS Ilmu Kalam Kelas 12. Di kesempatan ini kami akan membagikan artikel tentang Latihan Soal PAS Ilmu Kalam Kelas 12 diserta Kunci Jawaban.
Lembar ujian yang kami bagikan di bawah ini tidak terlepas pada acuan materi dan kisi-kisi sebagai kerangka awal dalam tahap penyusunan Soal PAS Ilmu Kalam Kelas 12 Semester 1.
Dokumen PDF & Jawaban di akhir artikel.
I. Pilihlah jawaban yang benar dengan menyilang A, B, C, D, atau E.
1. Terekat sangat kental lekat dengan tasawuf karena terekat …
a. Adalah pengalaman ibadah
b. Adalah melaksanakan perintah dan menjauhi larangan Allah Swt.
c. Dibimbing oleh seorang guru atau syekh
d. Sebagai persaudaraan kaum sufi
e. Sebagai organisasi keagamaan yang memberikan mashlahat
2. Terekat bertujuan untuk …
a. Menaati dan melaksanakan perintah guru atau syekh
b. Melakukan ibadah sesuai dengan ajaran yang dicontohkan Nabi Muhammad Saw.
c. Menempuh suatu tingkatan al-maqamat dan al-ahwal menuju kedekatan kepada Allah Swt.
d. Menempuh jalan yang pengikutnya lebih besar
e. Mengikuti organisasi yang mempunyai ulama termasyur
3. Yang dimaksud dengan dzikir khafi adalah dzikir yang …
a. Disertai dengan iringan gendang
b. Diucapkan secara serempak
c. Dibaca didalam hati
d. Dibaca dengan keras
e. Ragamnya banyak sekali
4. Ajaran terekat Naqsabandiyah di Indonesia pertama kali diperkenalkan oleh …
a. Maulana Malik Ibrahim
b. Syekh Ahmad Saleh As-Samaranji
c. Syekh Ahmad Rifa’i
d. Imam Nawwawi al-Bantani
e. Syekh Yusuf al-Makassari
5. Dibawah ini adalah terekat yang berkembang pesat di Indonesia, Kecuali…
a. Qadiriyah
b. Naqsabandiniyah
c. Mualawiyah
d. Khalidiyah
e. syadziliyah
6. Suatu himpunan yang hidup disuatu tempat dengan ikatan-ikatan aturan yang bersifat mutakhir disebut masyarakat …
a. Kota
b. Modern
c. Tradisional
d. Konvensional
e. transisi
7. Di bawah ini adalah ciri-ciri masyarakat tradisional Kecuali….
a. Tumpuan ekonominya adalah pertanian
b. Informasi dari mulut ke mulut
c. Teknologi yang digunakan bersifat kecil
d. Mereka banyak menggunakan ke kuatan yang bersifat internasional
e. bersikap terbuka dan berpikir objektif
8. Masalah yang timbul pada masyarakat modern adalah sebagai berikut, Kecuali….
a. Penyelahgunaan iptek
b. Menambah iman dan ilmu pengetahuan
c. Pola hubungan materalistrik
d. Stress dan frustasi
e. Menghalalkan segala cara
9. Meninggalkan kesibukan duni dan mengharapkan pahala akhirat disebut …
a. Khalwat
b. Qanaah
c. Sabar
d. Zuhud
e. Meditasi
10. Penyakit hati yang dialami masyarakat modern yang hanya mencari kekayaan materi dalam hidup disebut …
a. Suuzan
b. Ananiyah
c. Hampa rohani
d. Riya
e. Israf
11. Sifat musawah akan mewujudkan sikap saling menghargai dan melindungi dan kehormatan serta keselamatan sesame. Arti musawah adalah …
a. Keyakinan
b. Persamaan
c. Berkelompok
d. Perbedaan
e. Perdamaian
12. Beberapa cara untuk menghindari sifat pemarah antara lain adalah sebagai berikut, kecuali …
a. Selalu berfikir positif terhadap permasalahan
b. Mudah memaafkan kesalahan orang lain
c. Sadar diri, manusia tak luput dari salah
d. Sadar diri, bahwa marah merusak pergaulan
e. Selalu yakin, bahwa dirinya paling benar
13.
Makna fitnah pada ayat di atas, menurut sayyid quthub adalah sebagai berikut, kecuali ...
a. Memberi ancaman kepada umat islam
b. Menyebarkan ajaran sesat
c. Peraturan yang melarang shalat
d. Membicarakan keburukan orang lain
e. Memberikan terror kepada umat islam
14. Suatu perbuatan menceritakan aib seseorang dengan maksud mengadu domba orang lain disebut …
a. Gadab
b. Fitnah
c. Nami’mah
d. Gibah
e. Zalim
15. Perilaku membicarakan sesuatu pada diri orang lain yang jika orang tersebut mendengarnya, dia tidak akan merasa senang disebut …
a. Gadab
b. Fitnah
c. Nami’mah
d. Gibah
e. Zalim
16. Berikut ini adalah di antara safar yang dianjurkan dalam Islam, Kecuali ….
a. Pergi haji dan umrah
b. Silaturahmi
c. Menuntut ilmu
d. Berdakwah
e. Menonton konser
17. Nabi yang diutus kepada fir’aun dan pengikutnya adalah ….
a. Nabi Nuh a.s
b. Nabi Daud a.s
c. Nabi Musa a.s
d. Nabi Ibrahim a.s
e. Nabi Adam a.s
18. Dua tokoh zalim yang terkenal pada zaman Raja Fir’aun sekaligus menjadi penyongkong rajanya adalah … dan ....
a. Qarun : Haman
b. Qarun : Kan’an
c. Haman : Musailamah
d. Kan’an : Haman
e. Musailamah : Alqamah
19. Sector Ekonomi pada masa Raja Fir’aun diwakuli seorang yang kaya raya nan angkuh. Ia adalah …
a. Musailamah
b. Alqamah
c. Kan’an
d. Haman
e. Qarun
20. Qarun berasal dari keturunan Bani Is-rail yang akhir hayatnya …
a. Mati tertimbun hartanya
b. Kesulitan dalam sakaratul maut
c. Tenggelam dalam banjir bandang
d. Husnul khatimah
e. Terbunuh padang saat perang
21. Kapal Nabi Nuh a.s yang membawa orang-orang beriman akhirnya terdampar di daratan …
a. Iran
b. Turki
c. Azerbaijan
d. Armania
e. Laut kaspia
22. Cara-cara mencapai tujuan terekat dengan jalan berikut, Kecuali ….
a. Bersih segala amal dan niat (ikhlas)
b. Muraqabah (merasa selalu diawasi Allah)
c. Muhasabah (menghitung amal)
d. Tajjarud (melepaskan dan merintangi dirinya menuju jalan itu)
e. Puasa diantara makan dan tidak minum
23. Pendiri Terekat Qadriyah adalah …
a. Syekh Ahmad Baidhawi
b. Syekh Abdul Qadiral-jailani
c. Syekh Abil Hasan Ali bin Abdullah
d. Syekh Muhammad bin Muhammad Bahaudin Bukhari
e. Zun Nun al-Misri
24. Melaksanakan hukum Islam secara umum sebatas pengetahuan dan kemampuannya tanpa ada bimbangan tersendiri disebut …
a. Terekat khas
b. Terekat ‘am
c. Syariat
d. Makrifat
e. Terekat bi nafsih
25. Syekh Abdul Qadir Jailani seorang ulama zahid pengikut madzhab Hambali mendirikan sebuah sekolah untuk suluk dan latihan-latihan di …
a. Kota Bagdad
b. Kota Bangladesh
c. Kota Baitullahmi
d. Kota Balqan
e. Kota Mekkah
26. Wahyu secara bahasa memiliki arti
a. Pemberitaan gaib dan rahasia
b. Pemberitaan ilahi
c. Pemberitaan secara tersembunyi dan cepat
d. Penyampaian yang cepat dan rahasia
e. Penyampaian secara tiba-tiba dan cepat
27. Aliran kalam yang dikenal memberikan porsi besar terhadap akal adalah
a. Muktazilah
b. Asy’ariyah
c. Maturidiyah
d. Maturidiyah
e. Murjiah
28. Aliran yang berpandangan bahwa wahyu hanya memiliki fungsi konfirmasi atau penguat terhadap pengetahuan yang diperoleh oleh akal adalah ….
a. Salafiyah
b. Asy’ariyah
c. Ahlisunnah
d. Muktazilah
e. Maturidiyah
29. Pandangan aliran Maturdiyah Samarkand tentang kedudukan wahyu dan akal lebih dekat dengan aliran …
a. Muktazilah
b. Asy’ariyah
c. Salafiyah
d. Syiah
e. Khawarij
30. Asy’ariyah sepakat dengan Mukatazilah bahwa …
a. Akal lebih unggul dari wahyu
b. Wahyu di atas akal
c. Akal dapat mengetahui Tuhan
d. Akal dapat mengetahui kewajiban berbuat baik
e. Akal dapat mengetahui baik dan buruk
31. Persoalan keimanan merupakan masalah mendasar dalam ajaran islam karena ….
a. Iman merupakan inti keyakinan
b. Dakwah Nabi lebih banyak menanamkan keimanan
c. Iman tidak dapat diwariskan
d. Iman menjadi dasar diterimanya amal perbuatan
e. Amal perbuatan selalu berasal dari iman
32. Orang yang beriman adalah orang yang
a. Memeluk agama Islam
b. Mengucapkan kaliman syahadat
c. Mengakui adanya nabi
d. Meyakini kebenaran apa yang dibawa oleh Nabi
e. Mengakui adanya pencipta kehidupan
33. Kufur secara bahasa artinya
a. Benci
b. Ingkar
c. Menutupi
d. Membuang
e. Menghalangi
34. Kelompok Islam yang pertama kali melakukan pengafiran terhadap orang Islam lain adalah …
a. Muktazillah
b. Qadariyah
c. Asy’ariyah
d. Khawarij
e. Mujriah
35. Kelompok Islam yang menekankan iman pada perbuatan adalah …
a. Khawarij
b. Murjiah
c. Ahlusunnah
d. Asy’ariyah
e. Maturidiyah
36. Kriteria dosa besar mengahruskan adanya ancaman berikut Kecuali…..
a. Had
b. Laknat Allah
c. Murka Allah
d. Neraka
e. Kemarahan manusia
37. Status pelaku dosa besar menurut Khawarij adalah …
a. Munafik
b. Fasik
c. Kafir
d. Diampuni dosanya
e. Tidak kekal di neraka
38. Golongan yang tidak menyetujui adanya tahkim, lalu keluar dari barisan Ali bi Abi Thalib adalah
a. Syiah
b. Murjiah
c. Khawarij
d. Muktazillah
e. Maturidiyah
39. Kata ar-raja mengandung arti …
a. Kembali
b. Menunda
c. Mengembalikan
d. Pengharapan
e. Pulang
40. Orang yang menyembah berhala menjalankan agama selain islam, menurut golongan Murjiah adalah
a. Kafir
b. Musyrik
c. Mukmin
d. Munafik
e. Fasik
41. Terkait dengan perbuatan Allah, yang menjadi perdebatan di kalangan aliran kalam adalah …
a. Kemampuan Allah melakukan perbuatan
b. Apakah Allah wajib melakukan perbuatan
c. Apakah Allah memiliki kehendak dalam perbuatan-Nya
d. Apakah Allah melakukan perbuatan baik
e. Apakah Allah melakukan perbuatan buruk
42. Dalam pandangan Asy’ariyah yang mendorong Allah berbuat sesuatu adalah …
a. Keadilan-nya
b. Kepentingan manusia
c. Kemaslahatan manusia
d. Kesabaran-Nya
e. Kehendak mutlak-Nya
43. Aliran yang dikenal dengan paham fatalism-nya adalah …
a. Muktazillah
b. Asy’ariyah
c. Maturidiyah
d. Qadariyah
e. Jabariyah
44. Aliran yang dikenal dengan aham free will-Nya adalah ….
a. Muktazilah
b. Asy’ariyah
c. Maturidiyah
d. Qadariyah
e. Jabariyah
45. Dalam hal kebabasan manusia berbuat muktazilah memiliki pandangan yang sama dengan …
a. Muktazilah
b. Asy’ariyah
c. Maturidiyah
d. Qadariyah
e. Jabariyah
46. Pemikiran tentang kemakhlukan Al-Qur’an pertama kali dilontarkan oleh ….
a. Washil bin Atha
b. Ja’ad bin Dirham
c. Makmun Ar-Rasyid
d. Al-Juwaini
e. Al-Kindi
47. Dalam pandangan Muktazilah, kala mullah atau Al-Qur’an adalah makhluk sehingga bersifat ….
a. Fana
b. Qidam
c. Hadis
d. Baqa
e. Daif
48. Menurut Asy’ariyah kalamullah bersifat …
a. Hadis
b. Fana
c. Qidam
d. Baru
e. Sementara
49. Kalamullah adalah kekal, tidak terbagi tidak berbahasa, tetapi diekspresikan oleh manusia secara berlainan, pernyataan ini merupakan pandangan …
a. Asy’ariyah
b. Muktazilah
c. salaafiyah
d. Ahlusunnah
e. Maturidiyah
50. Aliran maturidiyah membagi kalamullah menjadi dua, yaitu kalam yang abstrak dan kalam yang tersusun dari huruf. Kalam abstrak disebut dengan ….
a. Kalam Zati
b. Kalam Sifati
c. Kalam Nafsi
d. Kalam Azali
e. Kalam Maknawi
b. Menyebarkan ajaran sesat
c. Peraturan yang melarang shalat
d. Membicarakan keburukan orang lain
e. Memberikan terror kepada umat islam
14. Suatu perbuatan menceritakan aib seseorang dengan maksud mengadu domba orang lain disebut …
a. Gadab
b. Fitnah
c. Nami’mah
d. Gibah
e. Zalim
15. Perilaku membicarakan sesuatu pada diri orang lain yang jika orang tersebut mendengarnya, dia tidak akan merasa senang disebut …
a. Gadab
b. Fitnah
c. Nami’mah
d. Gibah
e. Zalim
16. Berikut ini adalah di antara safar yang dianjurkan dalam Islam, Kecuali ….
a. Pergi haji dan umrah
b. Silaturahmi
c. Menuntut ilmu
d. Berdakwah
e. Menonton konser
17. Nabi yang diutus kepada fir’aun dan pengikutnya adalah ….
a. Nabi Nuh a.s
b. Nabi Daud a.s
c. Nabi Musa a.s
d. Nabi Ibrahim a.s
e. Nabi Adam a.s
18. Dua tokoh zalim yang terkenal pada zaman Raja Fir’aun sekaligus menjadi penyongkong rajanya adalah … dan ....
a. Qarun : Haman
b. Qarun : Kan’an
c. Haman : Musailamah
d. Kan’an : Haman
e. Musailamah : Alqamah
19. Sector Ekonomi pada masa Raja Fir’aun diwakuli seorang yang kaya raya nan angkuh. Ia adalah …
a. Musailamah
b. Alqamah
c. Kan’an
d. Haman
e. Qarun
20. Qarun berasal dari keturunan Bani Is-rail yang akhir hayatnya …
a. Mati tertimbun hartanya
b. Kesulitan dalam sakaratul maut
c. Tenggelam dalam banjir bandang
d. Husnul khatimah
e. Terbunuh padang saat perang
21. Kapal Nabi Nuh a.s yang membawa orang-orang beriman akhirnya terdampar di daratan …
a. Iran
b. Turki
c. Azerbaijan
d. Armania
e. Laut kaspia
22. Cara-cara mencapai tujuan terekat dengan jalan berikut, Kecuali ….
a. Bersih segala amal dan niat (ikhlas)
b. Muraqabah (merasa selalu diawasi Allah)
c. Muhasabah (menghitung amal)
d. Tajjarud (melepaskan dan merintangi dirinya menuju jalan itu)
e. Puasa diantara makan dan tidak minum
23. Pendiri Terekat Qadriyah adalah …
a. Syekh Ahmad Baidhawi
b. Syekh Abdul Qadiral-jailani
c. Syekh Abil Hasan Ali bin Abdullah
d. Syekh Muhammad bin Muhammad Bahaudin Bukhari
e. Zun Nun al-Misri
24. Melaksanakan hukum Islam secara umum sebatas pengetahuan dan kemampuannya tanpa ada bimbangan tersendiri disebut …
a. Terekat khas
b. Terekat ‘am
c. Syariat
d. Makrifat
e. Terekat bi nafsih
25. Syekh Abdul Qadir Jailani seorang ulama zahid pengikut madzhab Hambali mendirikan sebuah sekolah untuk suluk dan latihan-latihan di …
a. Kota Bagdad
b. Kota Bangladesh
c. Kota Baitullahmi
d. Kota Balqan
e. Kota Mekkah
26. Wahyu secara bahasa memiliki arti
a. Pemberitaan gaib dan rahasia
b. Pemberitaan ilahi
c. Pemberitaan secara tersembunyi dan cepat
d. Penyampaian yang cepat dan rahasia
e. Penyampaian secara tiba-tiba dan cepat
27. Aliran kalam yang dikenal memberikan porsi besar terhadap akal adalah
a. Muktazilah
b. Asy’ariyah
c. Maturidiyah
d. Maturidiyah
e. Murjiah
28. Aliran yang berpandangan bahwa wahyu hanya memiliki fungsi konfirmasi atau penguat terhadap pengetahuan yang diperoleh oleh akal adalah ….
a. Salafiyah
b. Asy’ariyah
c. Ahlisunnah
d. Muktazilah
e. Maturidiyah
29. Pandangan aliran Maturdiyah Samarkand tentang kedudukan wahyu dan akal lebih dekat dengan aliran …
a. Muktazilah
b. Asy’ariyah
c. Salafiyah
d. Syiah
e. Khawarij
30. Asy’ariyah sepakat dengan Mukatazilah bahwa …
a. Akal lebih unggul dari wahyu
b. Wahyu di atas akal
c. Akal dapat mengetahui Tuhan
d. Akal dapat mengetahui kewajiban berbuat baik
e. Akal dapat mengetahui baik dan buruk
31. Persoalan keimanan merupakan masalah mendasar dalam ajaran islam karena ….
a. Iman merupakan inti keyakinan
b. Dakwah Nabi lebih banyak menanamkan keimanan
c. Iman tidak dapat diwariskan
d. Iman menjadi dasar diterimanya amal perbuatan
e. Amal perbuatan selalu berasal dari iman
32. Orang yang beriman adalah orang yang
a. Memeluk agama Islam
b. Mengucapkan kaliman syahadat
c. Mengakui adanya nabi
d. Meyakini kebenaran apa yang dibawa oleh Nabi
e. Mengakui adanya pencipta kehidupan
33. Kufur secara bahasa artinya
a. Benci
b. Ingkar
c. Menutupi
d. Membuang
e. Menghalangi
34. Kelompok Islam yang pertama kali melakukan pengafiran terhadap orang Islam lain adalah …
a. Muktazillah
b. Qadariyah
c. Asy’ariyah
d. Khawarij
e. Mujriah
35. Kelompok Islam yang menekankan iman pada perbuatan adalah …
a. Khawarij
b. Murjiah
c. Ahlusunnah
d. Asy’ariyah
e. Maturidiyah
36. Kriteria dosa besar mengahruskan adanya ancaman berikut Kecuali…..
a. Had
b. Laknat Allah
c. Murka Allah
d. Neraka
e. Kemarahan manusia
37. Status pelaku dosa besar menurut Khawarij adalah …
a. Munafik
b. Fasik
c. Kafir
d. Diampuni dosanya
e. Tidak kekal di neraka
38. Golongan yang tidak menyetujui adanya tahkim, lalu keluar dari barisan Ali bi Abi Thalib adalah
a. Syiah
b. Murjiah
c. Khawarij
d. Muktazillah
e. Maturidiyah
39. Kata ar-raja mengandung arti …
a. Kembali
b. Menunda
c. Mengembalikan
d. Pengharapan
e. Pulang
40. Orang yang menyembah berhala menjalankan agama selain islam, menurut golongan Murjiah adalah
a. Kafir
b. Musyrik
c. Mukmin
d. Munafik
e. Fasik
41. Terkait dengan perbuatan Allah, yang menjadi perdebatan di kalangan aliran kalam adalah …
a. Kemampuan Allah melakukan perbuatan
b. Apakah Allah wajib melakukan perbuatan
c. Apakah Allah memiliki kehendak dalam perbuatan-Nya
d. Apakah Allah melakukan perbuatan baik
e. Apakah Allah melakukan perbuatan buruk
42. Dalam pandangan Asy’ariyah yang mendorong Allah berbuat sesuatu adalah …
a. Keadilan-nya
b. Kepentingan manusia
c. Kemaslahatan manusia
d. Kesabaran-Nya
e. Kehendak mutlak-Nya
43. Aliran yang dikenal dengan paham fatalism-nya adalah …
a. Muktazillah
b. Asy’ariyah
c. Maturidiyah
d. Qadariyah
e. Jabariyah
44. Aliran yang dikenal dengan aham free will-Nya adalah ….
a. Muktazilah
b. Asy’ariyah
c. Maturidiyah
d. Qadariyah
e. Jabariyah
45. Dalam hal kebabasan manusia berbuat muktazilah memiliki pandangan yang sama dengan …
a. Muktazilah
b. Asy’ariyah
c. Maturidiyah
d. Qadariyah
e. Jabariyah
46. Pemikiran tentang kemakhlukan Al-Qur’an pertama kali dilontarkan oleh ….
a. Washil bin Atha
b. Ja’ad bin Dirham
c. Makmun Ar-Rasyid
d. Al-Juwaini
e. Al-Kindi
47. Dalam pandangan Muktazilah, kala mullah atau Al-Qur’an adalah makhluk sehingga bersifat ….
a. Fana
b. Qidam
c. Hadis
d. Baqa
e. Daif
48. Menurut Asy’ariyah kalamullah bersifat …
a. Hadis
b. Fana
c. Qidam
d. Baru
e. Sementara
49. Kalamullah adalah kekal, tidak terbagi tidak berbahasa, tetapi diekspresikan oleh manusia secara berlainan, pernyataan ini merupakan pandangan …
a. Asy’ariyah
b. Muktazilah
c. salaafiyah
d. Ahlusunnah
e. Maturidiyah
50. Aliran maturidiyah membagi kalamullah menjadi dua, yaitu kalam yang abstrak dan kalam yang tersusun dari huruf. Kalam abstrak disebut dengan ….
a. Kalam Zati
b. Kalam Sifati
c. Kalam Nafsi
d. Kalam Azali
e. Kalam Maknawi
- Soal PAS Ilmu Kalam SMA Kelas 12 Semester 1 Versi-1, Unduh
- Soal PAS Ilmu Kalam SMA Kelas 12 Semester 1 Versi-2, Unduh
Demikianlah Latihan Soal PAS Ilmu Kalam Kelas 12 Tahun 2022 disertai Jawaban yang kami bagikan, semoga bermanfaat bagi pengunjung Bimbinganguru.com. Terima kasih atas kunjungannya.